Minggu, 21 April 2013

Mengatasi Jerawat Menjelang Menstruasi

img 
Banyak faktor yang bisa menyebabkan jerawat, namun umumnya jerawat pada wanita timbul jelang mensturasi. Itu terjadi karena kondisi hormon yang tidak senimbang, yang menyebabkan produksi minyak dan lemak berlebih. Jerawat karena faktor hormonal juga bisa timbul pada masa puber dan kehamilan. Untuk mencegah dan mengatasinya, simak tipnya dari All Women Stalk berikut ini.

1. Mencegah
Mencegah lebih baik dibanding mengobatinya. Bukan hanya untuk penyakit pada tubuh saja, pesan tersebut berlaku pula untuk penyakit kulit seperti jerawat. Untuk itu, menjelang hair sebaiknya oleskan krim jerawat atau lebih rajin membersihkan wajah dengan salicylic acid dan benzoyl peroxide.

2. Kurangi Makan Junk Food
Kurangi makanan berminyak dan junk food ketika menjelang menstruasi. Makanan yang mengandung minyak merangsang jerawat untuk keluar. Cara terbaik untuk mengatasi jerawat karena pengaruh hormon adalah dengan diet sehat. Banyaklah makan sayur serta buah sebagai detoksifikasi atau pembuangan racun tubuh.

3. Suplemen
Makan makanan sehat dapat memberikan perubahan baik bagi kulit dan kesehatan. Untuk hasil yang lebih maksimal, minumlah suplemen atau vitamin tambahan seperti zinc atau minyak ikan. Suplemen tersebut dapat mengontrol minyak dan detoksifikasi kulit.

4. Tetap Menjaga Kebersihan
Perawatan kulit harian sangat penting, untuk mencegah jerawat semakin banyak. Tidak hanya mencuci wajah minimal dua kali sehari, tapi juga menjaga kebersihan handuk dan sarung bantal. Gantilah handuk dan sarung bantal minimal satu bulan sekali. Dan jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah.

5. Teh Hijau
Teh terkenal sebagai minuman pembuang racun, begitupula dengan teh hijau yang bermanfaat ganda untuk menyehatkan kondisi kulit. Kandungan teh hijau dapat melawan inflamasi, meningkatkan kadar hormon dan menyeimbangkan insulin yang berkontribusi pada jerawat.

6. Konsultasi ke Dokter
Jika jerawat dirasa parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit. Penanganan yang tepat dapat menyembuhkan jerawat Anda secara maksimal.

sumber:
http://wolipop.detik.com/read/2013/04/02/093529/2209001/234/tips-mengatasi-kulit-berjerawat-jelang-menstruasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar